Saturday, October 25, 2014

BRANCHE BISTRO #JAKARTAREPOSEPROJECT




Branche Bistro yang terletak di daerah Senopati, Jakarta Selatan buka setiap harinya. Pada saat weekdays Branche Bistro buka mulai pukul 11 siang sampai 12 malam, sedangkan pada weekend Branche Bistro buka dari jam 11 siang sampai dengan jam 2 pagi. Biasanya Branche Bistro ramai di datangi pelanggan pada jam makan siang, pelanggan yang datang biasanya untuk melakukan line business atau hanya sekedar untuk berkumpul. Selain pada saat jam makan siang, pada setiap Rabu malam, Branche Bistro menagadakan event ladies night, pada event ini pun Branche Bistro ramai dikunjungi pelanggan khususnya wanita. Target market dari Branche Bistro adalah kaum Urban dimana mereka datang sudah tau apa yang mau mereka pesan, apa yang diinginkan oleh mereka, selain kaum Urban, juga terdapat executive muda dimana mereka memiliki karakteristik yaitu ingin terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing mereka. Branche Bistro memiliki jumlah staff secara keseluruhan 63 orang, namun untuk as a server dan front stage ada sekitar 30an, namun apabila terdapat event besar di Branche Bistro maka pihak management akan meng-hire orang dari luar. Branche Bistro membuka tempat pertamanya di daerah senopati dikarenakan senopati merupakan pintu masuk ke lokasi segitigas emas (Sudirman, SCBD, dan Senayan) sehingga mudah dijangkau oleh masyarkat di sekitar daerah Jakarta.


“experience yang kita tawarkan adalah get high, get high ini dalam arti mereka yang datang ke sini walau hanya untuk kongko-kongko mereka akan mendapatkan experience get high” – Mas Ivan

Pada saat pertama kali membuat Branche Bistro, para management ingin menawarkan experience get high’ dalam arti semua orang yang datang ke Branch Bistro walaupun hanya untuk sekedar ngobrol-ngobrol saja mereka mendapat experience yang Get High, dan puas terhadap Branche Bistro. Branche Bistro juga ingin memberikan kenyamanan sebagaimana para pengunjung berada di rumah mereka dan kebebasan kepada para pengunjung yang datang, Branche Bistro ingin memberikan experience kepada pengunjung dengan menganggap mereka sebagai tamu, apapun yang pengunjung rasakan.
Branche Bistro memiliki target market yaitu ‘gentleman’ dimana gentleman yang dimaksud adalah mereka yang baik berusia 20 tahun sampai usia 50 tahun asalkan merasa gentle, tau apa yang dia perbuat, yang dia lakukan, apa yang dia pesan dan apa yang ingin dia dapatkan. Banyak aktivitas yang dilakukan oleh para pengunjung Branche Bistro ini, 70% diantaranya adalah untuk melakukan link business , untuk meeting / ketemu client, dan 30% untuk berkumpul bersama.
  1. Comfort,: Branche Bistro memberikan rasa nyaman kepada para pengunjung yang datang ke Branche Bistro sebagaimana mereka merasa seperti berada di rumah.
  2. Social Interaction and Bonding: Para pelayan yang ada Branche Bistro ramah karena setiap pengunjung yang datang disambut dengan baik dan ramah.
  3. Pleasure :  Pihak management ingin memberikan kesan ‘get high’ kepada para konsumen. Dan dari get hIgh yang ingin diberikan para konsumen juga merasakan adanya kesenangan.

Harga yang ditetapkan untuk makanan dan minuman oleh Branche Bistro tergolong cukup mahal mulai dari Rp 35.000,- sampai dengan Rp 210.000,- untuk makanan dan minuman mulai dari Rp 27.000 sampai dengan Rp 95.000,- diluar minuman alkohol. Rata-rata konsumen menghabiskan 350.000 untuk makan di Branche Bistro apabila di rata-rata secara keseluruhan.
Di Branche Bistro, konsumen bisa mendapatkan dessert cocktails yang hanya bisa di dapatkan di Branche Bistro dan menjadi salah satu keunggulan yang ada di Branche Bistro. Selain itu Branhe Bistro juga memiliki cocktails yang hanya dapat dinikmati di Branche Bistro karena soda yang ada di dalam cocktails dibust secara homemade oleh Branche Bistro. Branche Bistro juga menawarkan ladies night setiap hari rabu kepada para wanita dengan memberikan free cocktails untuk mereka yang berada di daerah bar, dan dengan adanya event ini jumlah pengunjung semakin bertambah dari hari ke hari.
Untuk memarketingkan Branche Bistro, Branche Bistro menggunakan beberapa cara yaitu;
1.   Media Social seperti instagram, review blogger hal ini digunakan karena menurut pihak management media social sangat besar pengaruhnya.
“Kita menggunakan media social, karena media social itu sangat besar pengaruhnya” – Mas Ivan
2. Corporate
3. Internal Marketing yaitu dengan memasang table tools yang berisikan promo, poster seperti event ladies night atau sedang ada promo discount dan informasi lainnya.
Untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan, Branche Bistro selalu memberikan prioritas kepada para pelanggan yang loyal misalnya dengan memberitahukan promo-promo atau event yang berlangsung kepada para pelanggan dengan menggunakan email blast.
Jika dilihat dari service blueprint yang dilakukan oleh Branche Bistro, terlihat bahwa bistro ini menerapkan peraturan yang terstrukut untuk para pelayannya. Namun di dalam service blueprint yang diamati, dapat dilihat terjadinya kemungkinan fail point yaitu disaat memasukan data pesanan konsumen ke dalam komputer, hal ini dapat terjadi fail point karena apabila karyawan salah memasukan data maka makanan yang dibuatpun akan salah nantinya. Selain pada bagian memasukan data pesanan ke komputer, fail point juga dapat terjadi pada saat menyiapkan dan menghitung jumlah total karena apabila kasir salah menjumlahkan bill yang tidak sesuai dengan pesanan, maka bill yang diberikan ke konsumen pun akan salah.
Pada kesempatan yang sama, terdapat salah seorang pengunjung yang bernama Susy ia baru pertama kali mengunjungi Branche bistro dan mengetahuinya dari media social. Alasan ia mengunjungi tempat ini karena ingin mencoba dan Branche Bistro yang menurutnya sedang in. Pada saat ingin mengunjungi tempat ini, Susy berharap bahwa makanannya enak dan harganya terjangkau, dan pada saat sampai di Branche Bistro ia mengatakan bahwa makanannya lumayan, tempatnya nyaman untuk berkumpul, namun harganya ‘agak mahal sedikit’ namun saat ia memesan minuman hot green tea menurutnya tidak enak karena air nya tidak panas. Susy mendapatkan pengalaman baru karena ia hampir tidak pernah mencoba makanan Perancis dan disini ia mencoba makanan Perancis yang menurutnya enak, dan dia mengatakan bahwa mengunjungi Branche Bistro menjadi memorable experience karena mengunjungi tempat baru yang bagus dan makanannnya enak.
Makanan
7.5
Minuman
4
Tempat
8.5
Service
7

Jika dilihat dari apa yang ingin ditawarkan oleh pihak management yaitu kenyamanan dan kebebasan dengan konsep restaurant Perancis dengan experience yang didapatkan oleh konsumen yang mengunjungi, terlihat bahwa konsumen sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak management, dimana konsumen merasa nyaman dan puas dengan Branche Bistro.





No comments:

Post a Comment